1. Pertama, buka aplikasi Blender seperti biasa. Setelah masuk ke aplikasi , maka tampilannya akan seperti ini.
• Lalu gunakan shorcut tombol:
- S untuk memperbesar dan memperkecil ukuran
- S+Z untuk memipihkan dan mempertebal
- S+ X untuk melebarkan dan mengecilkan berdasarkan sumbu X
- S+ Y untuk melebarkan dan memperkecil berdassarkan sumbu Y
Maka , jadilah bentuk seperti ini:
2. Tahap selanjutnya yaitu membuat kaki meja sebagai penyangganya. Pertama masuk ke edit mode , pilih di menu pada bagian bawaH, lalu klik edit mode.
*Edit mode ini adalah mode yang digunakan untuk proses pengeditan dari bentuk-bentuk yang ada. |
3. Setelah masuk ke edit mode, kita akan membuat bagian-bagian dari permukaan meja tadi. caranya dengan menggunakan shortcut CTRL + R . Kemudian atur bagian-bagian yang yang akan dibagi.
*untuk mengatur banyaknya bagian , gunakan sroll keatas dan bawah pada mouse
Klik crtl+ R dan klik kiri pada mouse jika sudah sesuai, sehingga menjadi seperti:
4. Setelah bagian-bagian sudah terbentuk , kita tag bagian- bagian yang akan digunakan sebagai kaki meja.
5. Pertama kita ubah viewnya pada bagian bawah permukaan meja, caranya dengan mengklik tombol scroll pada mouse dan menahannya lalu menggerakknya.
6. Setelah itu pada bagian bawah program , pilih face select . Face select ini digunakan untuk menyeleksi atau mentag bagian-bagian permukaan.
7. Kemudian seleksi/tag bagian bagian yang akan dijadikan kaku meja, dalam hal ini saya menggunakan ujung-ujung permukaan. untuk melakukan tag gunakan tombol shift+ klik kanan.
8. Terakhir , tekan tombol E untuk memanjangkan bagian-bagian tadi, arahkan mouse kebawah dan aturlah panjang kaki meja yang kita inginkan. Jika sudah sesuai , klik kanan pada mouse. Maka jadilah seperti ini:
Untuk melihat objek meja yang sudah kita buat , ubah mode menjadi object mode.
9. Selanjutnya adalah pembuatan object bangku/kursi. Pertama , kita buat objek baru dengan cara masuk ke object mode, pilih Add - Mesh - Cube
10. Setelah kubus dibuat , kita bentuk bagian permukaan bangku persegi dengan mengatur lebar, pipih, tebal menggunakan shortcut yang diatas sudah dijelaskan. Sehingga berbentuk seperti ini:
11. Setelah itu kita bagi objek tersebut menjadi beberapa bagian dengan masuk ke edit mode, lalu tekan CTRL + R. Maka jadilah seperti berikut:
12. Berikutnya kita tag bagian-bagian yang akan ditonjolkan untuk dijadikan kaki dan sandaran kursi dengan menggunaka face select. Jika sudah ditandai , tekan tombol E untuk menonjolkan bagian dan klik kanan pada mouse jika sudah sesuai. Maka jadilah kursi yang kita inginkan.
*Gunakan tombol G untuk memindahkan objek dengan mudah.
*Gunakan tombol R untuk merotasi bangku.
Maka jadilah objek meja dan kursi !!!
SUMBER:
- http://www.mfajarsidiq.com/2014/11/cara-membuat-objek-meja-dan-kursi-di.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar