Kamis, 03 September 2015

Jenis-jenis Kamera

 Nahh langsung saja berikut jenis-jenis kamera beserta penjelasannya:

1. Compact Digital

Compact Digital Camera atau yang biasa disebut kamera saku aka kamera pocket karena bentuknya yang kompak dan bisa dimasukkan kedalam saku. Berbagai merk dan tipe yang telah ada saat ini adalah Nikon Coolpix L27, Sony DSC-W730 dsb.
Sony DSC-W730
Dengan ciri-ciri sebagai berikut:
• Ada mode exposure manual
• Berukuran sensor besar
• Dapat memilih format foto RAW
• Punya hotshoe untuk dudukan flash external/aksesoris
• Bodi kamera biasanya lebih besar dari biasanya

2. Prosummer

Istilah "prosummer" merupakan gabungan profesional dan consummer. Bila sebuah camera disebut sebagai model prosumer biasanya ditandai kemampuan point and shoot tapi memiliki fitur lebih canggih dibanding pocket camera antara lain seperti dimilikinya kemampuan pemakaian secara manual untuk pengaturan exposure, ISO, tersedianya format RAW image capture. Prosumer camera ditargetkan untuk konsumen yang antusias pada fotografi.Beberapa contoh prosumer camera adalah Canon PowerShot S90, PowerShot G11, Panasonic Lumix DMC-LX3 dan Nikon Coolpix 8700.

3. Bridge Camera


Biasa disebut advanced Compact camera. Jenis kamera ini merupakan level yang lebih tinggi daripada kamera pocket. Perbedaanya dengan kamera saku adalah Bridge camera ini tidak full otomatis, pengguna bisa mensetting secara manual exposure / Lensa kamera bridge ini tidak bisa digonta ganti layaknya kamera DSLR. Biasanya bentuk dan ukurannya lebih besar daripada kamera pocket. Contoh jenis kamera ini adalah Fujifilm Finepix S4600, Canon PowerShot G15 dsb.

4. Consumer DSLR


Memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
• Bisa Ganti Lensa
• Memiliki Jenis Body Warna Lebih dari 1
• Harga Relatif murah 4 - 6 Juta
• Menggunakan Lensa Kit 18-55mm

5. Mirrorless


Kamera Mirrorless adalah kamera yang pada dasarnya sama seperti kamera DSLR tapi tidak memakai cermin/pentaprisma. Mirrorless mempunyai banyak nama lain sepertiMirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC), Compact System Camera (CSC), Mirrorless System Camera (MSC), Digital Single Lens Mirrorless (DSLM). Ciri dari Mirrorless adalah ukurannya yang relatif kecil, beratnya yang ringan, lensa yang dapat diganti-ganti, hasil bidikan yang dihasilkan juga tidak jauh beda dengan DSLR, karena beberapa mirrorless ada yang sudah full format.
Cara Kerja Kamera Mirrorless dengan cara cahaya yang masuk langsung diterima sensor tanpa dipantulkan cermin dan ditampilkan di viewfinder electronic.

6. Semipro DSLR


Ciri yang paling menonjol kamera ini adalah lensa yang dapat dibuka/diganti, sehingga fotografer dapat memilih lensa sesuai yang diinginkan.
Yang membedakan antara Pro dan Semi Pro adalah kemampuan sensor(CCD) dalam menangkap gambar. Pada DSLR –Pro , CCD sudah mengadopsi 1/1 (terbuka penuh). Kemudian pada memori DSLR-Pro sudah menggunakan High Speed Memory. Disamping itu fasilitas fitur-fitur pada kedua jenis ini hampir sama, bisa dioperasikan dengan berbagai pilihan program maupun manual.

7. Boutique Camera


Merupakan Kamera Butik , Stylish yet Powerfull. Dengan rata rata menggunakan Sensor Fullframe ( Leica M9 ) atau APS C ( X100 ) dengan kualitas gambar yg tak perlu di ragukan. menurut Kai W seorang Fotografer dari Hongkong. Kualitas Kamera Butik lebih bagus daripada Fullframe DSLR seperti D3S , dan Butik APSC seperti X100 mengalahkan EOS7D dari segi Image Quality menurut DXO Mark.

8. Medium Format DSLR / Professional DSLR


Memiliki kualitas badan kamera yang lebih tahan banting karena sebagian besar terbuat dari logam sehingga lebih berat dan massif, dan harganya juga mahal. Memiliki kecepatan tembak yamg lebih cepat (bisa menembak lima sampai delapan foto per detik). Memiliki dua layar LCD (satu dibelakang satu di atas). Kamera DSLR Profesional biasanya terlihat lebih rumit Karena banyak tombol untuk mengubah setting sehingga memberikan banyak pilihan foto yang dihasilkan.





SUMBER:

https://id.wikipedia.org /wiki/
https://dhebieocta.wordpress.com/2011/10/30/macam-macam-kamera-digital/
http://syifakautsar11.blogspot.com/2014/09/ciri-ciri-dan-jenis-kamera.html/
http://www.sentradigital.com/articles.php?articleid=438/
http://lensafotografi.com/perbedaan-kamera-dslr-pemula-dan-profesional/
http://pamungkaz.net/jenis-kamera-digital-yang-ada-saat-ini/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar